Judul Buku: Kapitalisme di Ujung Tanduk | Penulis: Adnan Khan | Tebal: 133 hlm+vi | Tahun Terbit: Juli 2008 | Penerbit: Pustaka Thariqul Izzah

 

“Kapitalisme cenderung menaburkan bibit kehancuran dirinya sendiri,” tulis George Ritzer dan Douglas J. Goodman dalam buku mereka yang berjudul Modern Sociological Theory.

Pepatah lama pas juga untuk menggambarkan kondisi Kapitalisme saat ini, “siapa menabur angin, ia akan menuai badai”. Adnan Khan, penulis buku ini mengamati sekaligus mengkritisi dampak yang diakibatkan oleh Kapitalisme. Buku ini berisi tinjauan atas krisis global, krisis minyak, krisis pangan dan bagaimana sistem ekonomi Islam mengatasinya.

Biang kehancuran ekonomi global adalah Kapitalisme. Dalam hal ini yang patut dituduh adalah kebijakan liberalisasi ekonominya. Amerika dan negara-negara Barat berusaha sekuat kemampuan mereka untuk menjual Kapitalisme dengan segala penerapannya sebagai satu-satunya cara pengembangan Kapitalisme, sistem ini dikenal memiliki ciri dalam bentuk keguncangan dan kebangkrutan, resesi, bahkan juga kejatuhan ekonomi secara berkala. Pada tahun 1997, krisis finansial di Asia ditengarai sebagai akibat dari pasar dan spekulasi finansial gaya liberal. Satu dekade kemudian, beberapa negara macam Indonesia dan Thailand masih belum mampu untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi (hlm. 2-3).

Adnan Khan, penulis buku ini secara gamblang, jujur, blak-blakan menguliti semua faktor yang menyebabkan Kapitalisme saat ini berada di ujung tanduk. Kebijakan pasar bebas dan perdagangan bebas yang dimobilisasi secara global telah menjadi ‘kutukan’ tersendiri bagi Kapitalisme. Beberapa negara yang mencoba membuka diri terhadap globalisasi dalam liberalisasi ekonomi akhirnya menuai bencana krisis moneter berkepanjangan.

Buku ini layak menjadi pegangan bagi Anda yang ingin segera ikut membantu menggali lubang kubur yang sedang dikerjakan oleh Kapitalisme itu sendiri. Dilengkapi dengan solusi ideologis dari Islam, menjadikan buku ini bukan semata “sumpah-serapah” atas keterpurukan Kapitalisme, tapi juga solusi ideologis dan praktis yang ditawarkan Islam dengan sistem ekonominya untuk mengatasi resesi dunia akibat ketidak-becusan Kapitalisme [rahadi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *